Penyebab Mengeluh Sakit Perut di Sebelah Kanan Bagian Atas

Sering Mengeluh Sakit di Perut Sebelah Kanan Bagian Atas? Ini Dia Penyebabnya

Tak hanya menimbulkan rasa perih atau sensasi terbakar, sakit perut sebelah kanan bagian atas juga kerap disertai dengan beragam gejala lainnya lho! Ya, gejala lain tersebut diantaranya berupa perut kembung, nyeri di dada bagian atas, sering bersendawa, mual, muntah, hingga sulit buang air besar (BAB).

Menurut informasi yang didapat, kondisi sakit perut di sebelah kanan bagian atas itu merupakan indikasi dari beberapa jenis penyakit. Lantas, seperti apa sajakah jenis penyakitnya? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bagian Atas
1. Terdapat Gangguan Pencernaan
Penyebab pertama dari munculnya rasa sakit di perut sebelah kanan bagian atas, yakni karena adanya gangguan pencernaan. Umumnya masalah gangguan pencernaan dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, makanan berminyak, dan minuman beralkohol.
Bukan hanya itu, gangguan pencernaan juga bisa terjadi karena kebiasaan tidur setelah makan lho! Ketika berbaring setelah makan, maka gas yang ada di lambung akan terdesak ke atas melalui tenggorokan yang menyebabkan asam lambung naik.

2. Tukak Lambung
Gejala utama pada penyakit yang satu ini berupa rasa sakit di perut sebelah kanan bagian atas. Pasalnya, hal tersebut dikarenakan adanya luka pada dinding lambung atau usus dua belas jari. Apabila terasa sakit setelah makan, ada kemungkinan tukak yang berasa pada dinding lambung.

Akan tetapi, jika rasa sakitnya berangsur mereda setelah makan, maka posisi tukak sedang berada di duodenum (usus dua belas jari). Pada umumnya, rasa sakit akan semakin parah ketika malam hari dan saat perut dalam kedaan kosong.

3. Radang Pankreas
Pankreatitis alias radang pancreas juga biasanya ditandai dengan munculnya rasa sakit perut di sebelah kanan bagian atas, yang kemudian rasa sakitnya bisa menjalar hingga ke area punggung. Tak hanya itu, kondisi ini pun akan disertai dengan gejala lain seperti muntah, perut kembung, perubahan warna kulit di area pusar dan sisi tubuh, hingga sakit kuning.

4. Radang Selaput Perut
Dalam istilah medis, masalah yang satu ini disebut dengan istilah “peritonitis” dimana telah terjadi peradangan pada lapisan tipis di peritoneum, yakni bagian dalam perut yang berfungsi sebagai pelindung organ dalam perut. Penyakit radang selaput pada umumnya menimbulkan gejala seperti rasa sakit di perut sebelah kanan atas, kembung, dan kehilangan nafsu makan.

5. Kanker Perut
Kanker lambung atau yang sering disebut dengan kanker perut ini terjadi akibat adanya pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali, sehingga terbentuklah tumor. Gejala yang muncul seperti pembengkakan di area perut, rasa kembung, mules, dan rasa nyeri di bagian atas pusar. Adapun mengenai beragam gejala lainnya seperti penurunan berat badan secara drastis, fesese berdarah, hingga kelelahan.

6. Gangguan Kandung Empedu
Penyebab berikutnya dari rasa sakit di perut sebelah kanan bagian atas, yakni adanya gangguan kandung empedu. Gangguan ini berupa peradangan di kandung empedu yang dapat menyebabkan rasa nyeri di perut sebelah kanan atas. Terdapat juga berbagai gejala lain yang ditimbulkannya seperti demam, mual, muntah, feses berwarna keputihan, dan sakit kuning.

Itulah beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan rasa sakit di perut sebelah kanan atas. Apabila mengalami gejala-gejala lain seperti diatas tadi, segera periksakan diri ke dokter terdekat.

Tinggalkan Balasan