Resep Semur Ayam Lezat dan Mantap

Olahan ayam sederhana, semur ayam

Sumber foto : idntimes.com

Sumber foto : idntimes.com

Ayam adalah daging yang sangat mudah di olah, di Indonesia sendiri olahan ayam sangatlah banyak dan salah satu olahan ayam yang paling sering dibuat yaitu adalah semur ayam. Semur ayam ini merupakan cara yang enak untuk mengolah ayam dan kentang dengan campuran rempah-rempah, kecap dan pala. Sebagian besar orang Indonesia lebih suka menggunakan potongan ayam bertulang untuk menyiapkan semur ayam, tetapi daging tanpa kulit tanpa tulang juga bisa digunakan untuk membuat semur.

Semur ayam merupakan hidangan dari ayam dan juga kentang yang dimasak dengan aneka rempah, kecap manis dan pala yang membuat rasa hidangan ini sangat kaya dengan rempah-rempah, selain itu ayam dan kentangnya juga menjadi sangat empuk dan juga lezat. Pada artikel kali ini kami akan memberikan resep ayam semur dan juga cara membuat ayam semur sederhana dan mudah yang bisa kita lakukan dirumah untuk disantap dengan keluarga.

Sumber foto : idntimes.com

Sumber foto : idntimes.com

Bahan-bahannya :
▪︎serai, memarkan dan diikat, atau potong menjadi 2
▪︎kentang
▪︎kecap manis ( kecap manis Indonesia)
▪︎pala giling
▪︎bawang merah
▪︎Bawang putih
▪︎Jahe
▪︎garam
▪︎Gula
l▪︎ada

Cara memasak semur ayam indonesia
▪︎Memasak semur ayam sangat mudah dan sederhana, hanya terdiri dari dua langkah:
▪︎Panaskan minyak dalam panci lalu tumis bumbu halus dan serai hingga harum, kurang lebih 3 menit.
▪︎Tambahkan potongan ayam dan aduk hingga terlapisi bumbu dengan baik dan tidak lagi berwarna merah muda.
▪︎Tambahkan kentang, air, kecap manis, garam, gula, pala, dan lada putih ke dalam panci dan didihkan. ▪︎Kecilkan api dan biarkan mendidih sampai ayam dan kentang matang dan empuk, sekitar 30 menit. Sesuaikan penambahan garam dan gula sesuai selera kalian.
▪︎Matikan api, saat ayam telah matang sempurna. Pindahkan ke mangkuk saji, hiasi dengan serpihan bawang merah dan sajikan langsung dengan nasi putih panas. Kalian bisa menyajikan ayam semur dengan berbagai macam tambahan seperti acar ataupun bawang goreng.

Ayam adalah sumber protein yang sangat tinggi selain itu ayam juga merupakan salah satu daging yang rendah kalori dan juga rendah minyak. Ayam ini adalah daging yang sangat baik yang bisa memberikan nutrisi yang penting untuk tubuh kita semasa hidup kita. Selain itu kita juga perlu mengetahui ayam ini merupakan dagging yang menyediakan mineral dan juga vitamin yang terlibat dalam fungsi otak kita, daging ayam ini sangat kaya dengan vitamin B12 dan juga kolin, hal ini membuat ayam sangat bagus id konsumsi oleh anak-anak karena ayam bisa meningkatkan perkembangan otak. Tidak hanya itu saja ayam juga bisa membantu system saraf dapat berfungsi lebih baik dan juga kandungan nutrisi dalam ayam ini membantu konerja kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

Hal yang perlu kalian ketahui juga tentang ayam, yaitu ayam bisa membangun otot pada tubuh kita, karena ayam ini merupakan daging sumber protein dengan kualitas yang tinggi. Karena 30 gram protein per makanan bisa sangat bermanfaat untuk pertumbuhan otot kita. Bukan hanya itu saja ternyata ayam juga bisa memperkuat tulang manusia loh, karena protein pada ayam ini sangat kaya. Ayam juga bisa meningkatkan kesehatan jantung, karena daging ayam memiliki kandungan minerah dan vitamin yang dapat menjadi pusat diet jantung sehat, rendah kolestrol dan rendah lemak.

Sangat banyak bukan manfaat dari ayam ini, tapi pastinya jika kita mengolah ayam begitu-begitu saja akan sangat membosankan. Oleh karena itu kami memberikan resep ayam semur, semoga dengan adanya artikel kali ini kalian bisa terbantu untuk mengolah ayam untuk makan kalian bersama keluarga!

Tinggalkan Balasan