Cara Penularan Demam Berdarah dan Faktanya

027543800_1507193767-Demam-Berdarah-Dengue

Demam Berdarah seakan merupakan penyakit langganan di musim hujan.untuk melindungi keluarga kita ketahui fakta fakta dan cara pencegahan dbd. Selama ini banyak orang mengira penyakit demam berdarahdisebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypty. Demam berdarah atau dengue adalah penyakit serius yang ditularkan oleh nyamuk.

Foto : Google

Foto : Google

Dilansir dari WHO virus dengue ini ditularkan oleh nyamuk betina terutama spesies aedes aegypty.nyamuk juga merupakan vektor chikungunya, demam kuning dan viruz zika. Demam berdarah tersebar didaerah tropis.Beberapa orang yang mengalami demam berdarah yang parah dan mengakibatkan sejumlah komplikasi terkait dengan pendarahan hebat, kerusakan organ atau kebocoran plasma.

Jika demam berdarah memiliki resiko kematian yang lebih tinggi bila tidak tertangani dengan cepat, tepat dan segera. Demam berdarah parah sampai mempengaruhi sebagian besar negara di asia dan amerika latin. Bahkan demam berdarah menjadi penyebab utama rawat inap dan kematian diantara anak anak dan orang dewasa.

Lalu bagaimana cara penularam dbd ? Virus dbd ditularkan ke nyamuk betina yang terinfeksi terutama aedes aegypty. Virus yang telah menginfeksi nyamuk Akan berkembang di midgut nyamuk. Lalu menginfeksi kelenjar ludah dan jaringan tubuh sekitarnya kemudian mengigit tubuh manusia.Sekitar 1 minggu setelah menghisap darah penderita dan nyamuk tersebut siap menularkan kepada orang lain.
Virus tersebut akan tetap berada di badan nyamuk sepanjang hidupnya. Sehingga nyamuk yang menghisap virus dengue akan menjadi penular selanjang hidupnya. Didalam tubuh manusia virus dengue berkembang biak dan membutuhkan masa inkubasi 4-5 hari sebelum dapat menimbulkan penyakit dengue.

Fakta demam berdarah yang pertama dengue adalah infeksi virus yang ditularkan nyamuk, virus yang menyebabkan demam berdarah disebut virus dengue dan ada empat serotip DENV, artinya sangat mungkin terinfeksi empat kali. Kedua Sebagian besar infeksi DENV hanya menghasilkan penyakit ringan. Namun, sebagian lainnya menyebabkan penyakit seperti flu akut. Terkadang hal ini juga berkembang menjadi komplikasi yang berpotensi mematikan (dengue parah). Ketiga Kasus terbanyak DBD di indonesia ada di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, NTT dan Kupang.

Keempat, Gejala Dbd tidak langsung muncul tetapi memerlukan waktu4-10 hari setelah tergigit nyamuk yang membawa virus dengue. Kelima gejala dbd yang paling umum adalah demam tinggi hinga 40 derajat celcius yang disertai tubuh mengigil dan berkeringat. Selain itu, gejala lainnya seperti sakit kepala, nyeri otot,mual, munculnya bintik bintik merah dikulit hingga pendarahan pada hidung dan gusi.

Keenam, Bintik-bintik merah yang muncul di permukaan kulit merupakan tanda terjadinya perdarahan pada kult akibat penurunan trombosit atau keping darah. Ketujuh dbd bisa berkembang menjadi semakin berat dan merupakan kegawatan dengan dengue shock syndrome dan akan memiliki gejala muntah, nyeri perut, perubahan suhu tubuh dari demam menjadi dingin atau sering isebut hipotermia dan melambatnya denyut jantung.

Kedelapan Dbd beresiko menyebabkan kematian ketika penderitanya mengalami syok karena perdarahan. Fakta teakhir adalah sampai saat ini belum ada obat spesifik untuk menyembuhkan DBD. Pemberian obat hanya untuk ditujukan untuk mengurangi gejala demam dan nyeri serta mencegah komplikasi. Nah, itu tadi fakta fakta dari demam berdarah dengan begini diharapkan akan lebih banyak lagi masyarakat yang sadar bahwa demam berdarah itu sangat berbahaya dan perlu diwaspadai serta jaga kebersihan lingkungan untuk kesehatan lingkungan keluarga. Jadi, tetap lakukanlah gerakan 3M!

Tinggalkan Balasan