Alergi Asap Membuat Sesak

Saya kira alergi itu identik dengan gatal-gatal di seluruh tubuh dan terkadang ada yang badannya bentol atau memerah, yang diakibatkan karena makan sesuatu misalnya makanan laut. Ternyata alergi itu bermacam-macam tak hanya karena makanan. Ada juga alergi dingin, alergi asap, alergi debu dll. Sejak saya kecil hingga dewasa tak pernah merasakan semua alergi itu.

Sejak saya menikah pun saya Baik-baik saja, nah kejadiannya berawal ketika fira anak semata wayang saya masih 2 tahun kira kira di tahun 2009. Waktu itu ada paman saya berkunjung ke rumah bersama keluarganya, pintu rumah di tutup dan paman saya merokok dan asap rokok memenuhi ruangan tamu di rumah.

Berawal dari itulah keesokan harinya, kok saya jadi sesak ya…cuma saya tak terlalu memperdulikan kesehatan diri, saya tetap lakukan aktivitas dengan menahan sesak yang memang tak begitu parah. Hingga akhirnya selang beberapa tahun kemudian kira kira di tahun 2011 saya sesak kembali dan saya baru ingat kalau kemarin-kemarin saya sedang mengobrol dan duduk dekat orang yang sedang merokok, bisa jadi asap itu yang membuat saya sesak.

Keesokan harinya saya berobat ke dokter umum di daerah Limbangan Garut. Saya memang terasa sesak tapi tak disertai batuk dan suara ngik…ngik seperti orang asma. Menurut Dokter saya terserang alergi ashmatic. Saya juga diimbau agar jangan dekat-dekat orang yang sedang merokok dan harus menutup mulut atau menghindar pergi ketika ada asap mobil, asap dari pembakaran sampah dan jenis asap lainnya.

Wah ternyata tak nyaman ya punya alergi asap ini. Saya search www.Google.com untuk memperkuat daya tahan tubuh agar alergi tak mudah kambuh, harus banyak makan sayuran yang mengandung anti oksidan misalnya wortel dan makan buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti pepaya, mangga dll.

Sekarang saya benar-benar menjauh dan menghindar bila ada orang yang merokok dan asap lain misalnya pembakaran sampah. Buat teman-teman yang mempunyai alergi asap seperti saya, yuki jaga diri dari sekarang dengan rajin konsumsi buah dan sayur agar daya tahan tubuh kita kuat. Satu lagi nih, renang juga baik loh buat memperbaiki sistem pernapasan kita dan membuat badan selalu fit dan sehat. Ayo tanamkan hidup sehat, semangat!

Tinggalkan Balasan