SMP SMA Ragunan Sekolah Olahragawan Gratis

C360_2015-08-24-07-00-20-351

Sejak menginjakkan kaki di Jakarta Jumat 21 Agustus – 23 Agustus 2015, saya  tak terlalu memperhatikan jalan sekitar menuju Graha Wisata Ragunan tempat  menginap rombongan dari peserta workshop dan Olimpiade Taman Baca Anak 2015 yang diadakan 1001 buku. Selintas saya hanya melihat ada sebuah bangunan besar dan terlihat plang didepannya “Wisma Atlet”, pikir saya saat itu mungkin wisma itu tempat menginap para atlet yang akan bertanding berbagai pertandingan di Jakarta saja, jadi tak selalu terisi setiap harinya.

C360_2015-08-24-07-02-28-936

Senin, 24 Agustus 201 5pukul 06.00 wib  saya mengajak anak didik saya untuk bersiap-siap jalan-jalan pagi sekitar Ragunan, sebelum meninggalkan Jakarta menuju Garut pada siang harinya. Naluri saya sebagai fotografer amatir, saya manfaatkan untuk foto-foto Wisma Atlet dan Gedung sekitarnya, hanya menggunakan Tablet Samsung dengan Camera 360. Lagi-lagi hati saya tergelitik, ketika melihat ada plang bertuliskan “SMP SMA Negeri Ragunan Khusus Olahragawan”. Jujur, saya baru tahu kalau selama ini ada juga sekolah khusus Olahragawan, bagi saya ini kesempatan emas untuk mencari informasi mengenai sekolah ini.

Jiwa saya memang sudah menyatu dengan dunia reportase, terhalang pagar besi yang tinggi yang didalamnya banyak sekali anak-anak, remaja bahkan dewasa sedang berlari keliling lapangan. Anak didik saya dari Rumah Baca AsmaNadia Cibatu Garut mengikuti langkah saya mendekati pagar besi tinggi tersebut. Saya panggil seorang anak wanita bertubuh kecil yang sedang berlari, sayang sekali karena semangatnya saya ingin mengetahui lebih lanjut tentang keberadaan mereka, saya tak sempat menanyakan nama anak tersebut. Sebut saja dek, ia gadis kecil berusia 12 tahun berasal dari Padang Sumatera Barat, dari sekilas wawancara dadakan yang saya lakukan, saat ini ia duduk dikelas VII SMP Ragunan. Dek adalah atlet senam di Padang yang pernah mendapatkan prestasi di tingkat kabupaten. Ia baru saja 2 bulan berada di Jakarta, menginap di Wisma Atlet dan sekolah di SMP Negeri Ragunan (Khusus Olahragawan). Ternyata dek setiap bulan mendapat uang saku dari Pemerintah sebesar Rp 600.000,- mendapat fasilitas makan, menginap dan sekolah gratis…asyik ya 😉

Anak didik saya dari Rumah Baca AsmaNadia Cibatu Garut yang ada disamping saya, berdecak kagum bahkan ada satu anak didik saya Nova bilang dengan logat sundanya “asyiknya meunang uang saku 600 ribu”. Wow, uang yang cukup besar menurut saya, tapi dek bilang kalau ia kuat ia akan terus berada dan sekolah di SMP Ragunan bahkan hingga SMA. Lho kenapa dek? Menurut dek, latihan fisiknya lumayan melelahkan, setiap hari berlari dan berlatih di mulai pukul 05.30 – 08.00 wib dan sekolah masuk pukul 08.30 – 13.00 wib, lalu latihan lagi sore hari pukul 15.30-17.30 wib cukup melelahkan bagi saya, tapi tentunya menyehatkan ya dek 😉

C360_2015-08-24-06-41-37-839

Gadis kecil berusia 12 tahun itu meminta maaf pada saya, karena tak bisa ditanya lebih banyak, ia harus berlari lagi hingga 10 kali keliling lapangan. Asli besar sekali lapangannya, kalau saya baru 2 kali saja pasti sudah kelelahan dan terjatuh 😀 rasa penasaran saya tak berhenti sampai disini saja, saya bersama anak-anak didik saya terus berjalan menelusuri lapangan yang terhalang pagar besi tinggi tersebut.

C360_2015-08-24-06-46-41-256

Saya lihat ada beberapa anak sedang istirahat setelah mengelilingi lapangan yang begitu luas tersebut. Dengan lembut, saya panggil seorang anak remaja untuk menghampiri saya mendekati pagar, kami berbincang beberapa menit dengan terhalangi pagar. Remaja berusia 15 tahun yang wawancarai itu bernama Cesy berasal dari Manado, yang merupakan atlet tenis meja yang berprestasi di daerahnya. Ia berda di Jakarta sejak usia 12 tahun sekolah di SMP Ragunan dan sekarang ia sudah kelas X SMA Negeri Ragunan. Dikatakan oleh Cesy, tiap bulan ia mendapatkan uang saku sebesar Rp 700.000,- ia cukup kerasan tinggal di Jakarta dan berencana hingga lulus SMA. Menurut Cesy, ia menginap di Wisma Atlet, makan di tempat yang berbeda di sebuah Gedung yang tak jauh dari lapangan (lagi-lagi saya lupa nama gedungnya), lalu sekolah di SMA Negeri Ragunan dan semuanya Gratis.

C360_2015-08-24-07-00-43-094

Lihat foto di atas yang berhasil saya abadikan, itu adalah SMP SMA Negeri Ragunan Khusus Olahragawan, besar sekali ya…bangganya bisa sekolah di tempat ini, ternyata tak mudah…anak yang ingin sekolah di SMP SMA Ragunan harus memiliki prestasi di bidang olah raga baik tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional bahkan Internasional, pasti lebih mudah ya masuknya…kalau adik-adik baru saja di tingkat Kabupaten/Kota ikuti saja tesnya, mudah-mudahan bisa lulus seleksi ya dan diterima di SMP SMA Negeri Ragunan, asyik lho adik-adik dapat uang saku juga, tapi ingat bukan karena uang sakunya tapi semangat kalian untuk berlatih, belajar untuk membawa nama daerah, nama Indonesia agar selalu harum dengan prestasi di bidang olah raga.

Pasti adik-adik bahkan orang tua ingin tahu ya…apakah ada tes khusus untuk dapat sekolah di SMP SMA Negeri Ragunan, kalau dari hasil wawancara saya dengan Dek dan Cesy, mereka berdua karena berprestasi di bidang olah raga, langsung didatangi pihak SMP SMA Ragunan ke kotanya masing-masing untuk mengikuti tes di SMP SMA Ragunan. Berdasarkan penelurusan saya via Google, ternyata kalau adik-adik mau sekolah di SMP SMA Ragunan pembukaan tes dibuka setiap bulan Februari, apa saja syaratnya :

1.  Warga Negara Indonesia, diutamakan mempunyai prestasi di tingkat Nasional

2. Membawa surat keterangan dari Kepala Sekolah bahwa yang bersangkutan adalah pelajar dengan nilai raport minimal 6,5

3. Mengisi formulir pendaftaran (dapat diunduh di www.kemenpora.go.id) dengan melampirkan photo copy piagam/sertifikat dokumen lain yang mendukung prestasi dimaksud, seperti foto/kliping

4. Photo copy STTB/Ijazah (NEM/SKUN) terakhir dan dilegalisir

5. Photo Copy Akta Kelahiran (untuk diperlihatkan aslinya)

6. Surat keterangan sehat dari dokter (asli) termasuk menerangkan bahwa yang bersangkutan sehat jantung dan paru

7. Melampirkan surat rekomendasi dari Pengurus Cabang/Pengurus Provinsi cabang olah raga/klub Dispora Provinsi

8. Photo berwarna

Untuk lebih jelasnya, bisa hubungi :

SMP SMA Negeri Ragunan

Jln. Harsono RM

Komplek GOR Ragunan

Kel. Ragunan Kec. Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12550

Telp/Fax :  021-7801662

Email : sma_ragunan@yahoo.com

 

143 comments

Tinggalkan Balasan