Buka Puasa Bersama & Kegiatan Sosial Rumah Baca AsmaNadia Cibatu Garut Termuat di Garut Express

PhotoGrid_1438936671582

Rumah Baca AsmaNadia Cibatu Garut (perpustakaan, pusat kegiatan belajar dan wadah kreatifitas anak dhuafa) merupakan cabang ke 66 Rumah Baca AsmaNadia di Infonesia. Pendirinya adalah Asma Nadia, seorang penulis produktif yang beberapa bukunya telah diadaptasi menjadi sinetron dan film. Selain kegiatan membaca, belajar dan wadah kreatifitas anak-anak, Rumah Baca AsmaNadia Cibatu Garut di bulan Ramadhan ini mengadakan 2 kegiatan  yang melibatkan banyak insan, yaitu buka puasa bersama anak dhuafa, janda dan warga dhuafa serta kegiatan sosial kelima berbagi pada anak dhuafa, janda dan warga dhuafa.

Minggu, 05 Juli 2015 di Rumah Baca AsmaNadia Cibatu Garut diadakan buka puasa bersama anak dhuafa, janda dan warga dhuafa yang dananya didapat dari beberapa donatur. Sebelum acara berbuka, diawali dengan pembaca ayat suci Al-Quran, sambutan, tausiyah dan doa bersama untuk donatur lalu buka puasa bersama. Tausiyah oleh H.Lalan Zaelani, S.H. yang merupakan Ustadz dan salah seorang Guru SMP PGRI Sindangsuka Cibatu Garut, membawakan tausiyah dengan tema “Lailatul Qadar”, dikatakan H. Lalan, setiap insan yang bahagia menyambut bulan suci Ramadhan, pasti mendambakan malam Lailatul Qadar. Menurut H.Lalan, malam Lailatul Qadar memang istimewa, dalam Al-Qur’an disebut malam itu lebih baik dari seribu bulan. Doa yang dipanjatkan pada malam itu akan dikabulkan. Sehingga tak heran banyak Muslim yang berlomba mencari Lailatul Qadar. Lailatul Qadar, inilah malam yang paling diburu oleh umat muslim. Banyak yang berharap bisa berjumpa dengan malam yang datang pada saat-saat tertentu saja di bulan Ramadan. Menurut H. Lalan, Rumah Baca AsmaNadia Cibatu Garut juga merupakan jembatan bagi anak-anak untuk gemar membaca buku dan membaca Al-Quran, karena selain membaca buku di Rumah Baca AsmaNadia Cibatu Garut juga ada kegiatan keagamaan, yaitu tadarus.

 

Minggu, 12 Juli 2015 diadakan kegiatan sosial berbagi pada yang membutuhkan. Sudah kelima kalinya Rumah Baca AsmaNadia Cibatu Garut mengadakan kegiatan sosial yang dananya didapat dari beberapa donatur. Acara ini sebagai ungkapan rasa syukur para donatur atas segala rizki yang diberikan Allah, sehingga para donatur ingin rizki mereka berkah dan bermanfaat insan yang membutuhkan. Diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan, kreasi anak dan tausiyah oleh Ustadz yang juga merupakan Kepala Desa Sindangsuka Cibatu Garut Bpk. Ucu Sopian, S.Pdi. dengan tema tausiyah “Berkah”. Dikatakan Ucu Sopian, makna berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, mencakup berkah-berkah material dan spiritual, seperti keamanan, ketenangan, kesehatan, harta, anak dan usia. Menurut Ucu, dalam keseharian kita sering mendengar kata “mencari berkah”, bermaksud mencari kebaikan atau tambahan kebaikan, baik kebaikan berupa bertambahnya harta, rezeki, maupun berupa kesehatan, ilmu, dan amal kebaikan. Setelah tausiyah dilanjutkan dengan pembagian donasi peralatan sekolah dan peralatan ibadah bagi anak dhuafa dan pembagian sembako bagi janda dan warga dhuafa. Acara puncak diadakan “Sawer Ramadhan” dengan maksud    berbagi kebahagiaan pada anak dhuafa, janda dan warga dhuafa di bulan penuh keberkahan. Sawer Ramadhan, dengan uang receh dan permen, disebar secara merata keberbagai sudut dimana anak-anak, janda dan warga dhuafa berkumpul. Alhamdulillah atas izin Allah acara berjalan lancar dan penuh kebahagiaan.

Kegiatan di Rumah Baca AsmaNadia Cibatu Garut dilaksanakan secara gratis, baik membaca, kegiatan belajar dll. Untuk berbagai kegiatan berbagi seperti buka puasa bersama dan kegiatan sosial berbagi pada yang membutuhkan, terlaksana karena adanya donasi dari beberapa donatur baik di lingkungan Jawa Barat maupun luar kota Jawa Barat. Tanpa uluran tangan donatur, semua kegiatan berbagi pada yang membutuhkan tak mungkin terlaksana. Percayalah berbagi tak akan pernah merugi, karena dengan berbagi adalah berkal terindah yang abadi.

 

Artikel ditulis oleh :

 

Efiy Sukaesih, S.H.

Ketua & Relawan Rumah Baca AsmaNadia Cibatu Garut

 

 

Tinggalkan Balasan